Manfaat Krokot

Tahukah Manfaat Krokot Untuk Kesehatan


Tahukah Manfaat Krokot Untuk Kesehatan, Krokot sering dianggap sebagai tanaman hama, karena banyak tumbuh secara liar. Padahal, di beberapa negara, seperti di Eropa, Afrika, Timur Tengah dan Asia, krokot dianggap sebagai salah satu jenis makanan super.

Krokot memiliki nama ilmiah Portulaca oleracea. Krokot memiliki rasa sedikit asam dan asin yang akan memberikan tambahan rasa pada masakan Anda. Daun, batang, bunga serta bijinya dapat digunakan sebagai bahan tambahan dalam masakan.

Krokot telah digunakan dalam pengobatan di Cina dan India sejak jaman dulu serta dalam budaya suku Aborogin di Australia. Umumnya krokot dimasukkan dalam sup, salad maupun minuman. Terkadang krokot juga dimasukan dalam masakan berbahan daging untuk menambah rasa dan aroma. Bahkan di Eropa, krokot dimasukkan sebagai bahan dalam pembuatan roti.

Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa krokot mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Krokot ternyata kaya akan omega 3 dan juga serat. Krokot juga mengandung vitamin A, B dan vitamin C. Kandungan mineral dalam krokot, meliputi kalium, mangan, magnesium, zat besi, kalsium serta tembaga. Krokot juga mengandung pigmen betalain yang merupakan salah satu senyawa bersifat antioksidan yang kuat, serta mengandung karotenoid.

Dengan begitu banyaknya nutrisi yang terkandung didalamnya, mengkonsumsi krokot sangat baik bagi kesehatan kita Apa saja manfaat krokot buat kesehatan kita? Berikut ini beberapa manfaat krokot bagi kesehatan:

Menjaga jantung tetap sehat

Krokot kaya akan omega 3 yang ternyata lebih tinggi daripada kadar omega 3 dalam minyak ikan. Omega 3 mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita dan membuat kadar kolesterol baik dalam tubuh kita tetap seimbang. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan omega 3 telah terbukti mampu mengurangi penyakit kardiovaskular termasuk atherosclerosis, sehingga kita terhindar dari penyakit jantung maupun stroke. Krokot juga mengandung kalium yang mampu mengurangi tekanan darah dan melemaskan pembuluh darah yang nantinya juga akan mengurangi tekanan pada organ jantung.

Cara penyajian krokot sebagai obat jantung berdebar adalah dengan 4 batang tanaman krokot cuci bersih lantas giling halus, imbuhkan 1/2 cangkir masak serta 1 sendok makan madu, diperas, saring lantas diminum airnya. Lakukan 2 kali satu hari.

Menstabilkan berat badan
Krokot kaya akan serat dan rendah kalori. Serat nantinya akan membuat kita merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Hal ini nantinya akan mengurangi jumlah asupan makanan yang masuk dalam tubuh. Untuk anda yang ingin menurunkan berat badan, cobalah untuk mengkonsumsi krokot.

Memperbaiki perkembangan dan pertumbuhan anak
Penelitian tentang kemampuan krokot dalam memperbaiki perkembangan dan pertumbuhan anak memang masih berjalan. Namun hasil dari studi awal, tingginya kandungan omega 3 dalam krokot mampu memperbaiki kondisi autism pada anak-anak.

Mengurangi masalah pada system pencernaan
Dalam ilmu pengobatan Cina kuno, krokot digunakan untuk mengurangi masalah pada system pencernaan, termasuk diare dan pendarahan pada usus. Menurut penelitian, hal ini disebabkan oleh adanya kandungan asam malat, dopamine, alanine, asam sitrat dan lainnya yang ada di dalam krokot.

Memperbaiki kondisi kulit
Krokot juga bisa digunakan untuk memperbaiki kondisi kulit. Tingginya kadar vitamin A dapat mengurangi peradangan akibat sengatan lebah maupun gigitan serangga, bila diterapkan secara topical. Selain itu, mengkonsumsi krokot akan membantu merangsang pertumbuhan sel-sel kulit, menghilangkan bekas luka maupun noda pada kulit.

Mencegah kanker
Krokot juga bisa mencegah kanker. Krokot mengandung banyak vitamin A dan vitamin C yang nantinya berperan sebagai antioksidan untuk mencegah kanker, khususnya kanker mulut dan juga kanker paru-paru. Senyawa betalain yang terkandung dalam krokot juga ikut berperan dalam menghambat mutasi gen dalam tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas. Gen yang bermutasi nantinya akan menjadi kanker.

Memperbaiki kondisi mata
Kandungan vitamin A dan beta-karoten pada krokot, nantinya akan ikut menjaga dan memperbaiki kondisi mata anda. Dengan begini anda akan terhindar dari degenerasi macula serta katarak. Vitamin A dan beta-karoten akan ikut berperan dalam mengurangi kadar radikal bebas yang mampu menyerang mata, yang memicu munculnya degenerasi macula maupun katarak.

Memperkuat tulang
Berbagai mineral yang terkandung dalam krokot, seperti kalsium, magnesium, zat besi dan mangan, merupakan mineral yang sangat dibutuhkan untuk memperkuat tulang, mengembangkan jaringan tulang serta mempercepat proses penyembuhan tulang dalam tubuh kita. Dengan begitu, maka kita akan terhindar dari osteoporosis.

Meningkatkan sirkulasi darah
Dengan tingginya mineral zat besi dan tembaga yang terkandung dalam krokot, maka mengkonsumsi krokot akan merangsang produksi sel darah merah. Semakin banyaknya sel darah merah dalam tubuh kita, nantinya akan meningkatkan sirkulasi darah. sehingga nantinya akan memperbanyak kadar oksigen yang masuk kedalam bagian-bagian penting dari tubuh, meningkatkan proses penyembuhan pada sel maupun organ, ikut meningkatkan pertumbuhan rambut serta memperbaiki system metabolism tubuh.

Krokot mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Sayangnya, krokot mengandung banyak asam oksalat. Terlalu tinggi kadar asam oksalat dalam tubuh kita, mampu menyebabkan batu ginjal.

Bila anda pernah mengidap batu ginjal, sebaiknya jangan mengkonsumsi krokot. Satu-satunya cara untuk mengurangi kadar asam oksalat dalam krokot adalah dengan cara direbus dalam waktu sekitar 5 sampai 10 menit. Sebaiknya jangan dikonsumsi terlalu sering serta jangan dikonsumsi secara berlebihan.

4 pemikiran pada “Tahukah Manfaat Krokot Untuk Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s