manfaat buah alpukat

Khasiat dan manfaat buah Alpukat


Siapa yang tak kenal buah alpukat? Buah yang hampir semua orang suka karena kelezatannya ini ternyata memiliki banyak khasiat dan manfaat.

Alpukat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia disebut Avokad yang merupakan turunan nama dari Bahasa Inggris: Avocado. Buah dari famili Lauraceae bergenus Persea ini mempunyai nama Latin Persea americana. Buah ini berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko, namun kini tidak sedikit yang membudidayakan sebagai tanaman perkebunan monokultur ataupun perkarangan rumah di kawasan tropis seperti Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Mungkin sebagian kita belum banyak yang tahu manfaat alpukat dari kulit, daun dan uahnya. Di mulai dagian biji buah alpukat bisa diolah menjadi bahan pewarna pakaian yang tidak mudah luntur. Selain untuk bahan pewarna pakaian biji alpukat juga bisa sebagai obat sakit gigi dan diabetes.

Pada bagian kulit pohon terdapat senyawa yang akan memberikan warna cokelat suatu material atau bahan, biasanya perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan produk berbahan kulit memanfaatkan kulit pohon sebagai pewarna cokelat.

Sementara daun alpukat sejak lama dijadikan ramuan obat herbal untuk mengobati kencing batu, nyeri pada syaraf dan lambung, sakit kepala, darah tinggi, pembengkakan saluran napas dan haid yang tidak teratur.

Manfaat buah alpukat sendiri selain untuk kesehatan juga sangat berkhasiat bagi perawatan kecantikan. Buah alpukat memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi dengan kandungan 14 mineral dan 11 vitamin yang bermanfaat bagi tubuh.

Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat buah alpukat buat kesehatan kita.

1. Manfaat buah Alpukat, mempercepat Penyerapan Nutrisi

Berdasarkan sebuah penelitian, terungkap bahwa nutrisi tertentu yang masuk ke tubuh dapat diserap lebih baik, cepat dan jauh lebih efektif bila dimakan berbarengan dengan buah alpukat.

Sebagai pembuktian, dilakukan sebuah riset untuk memastikan kebenaran hal tersebut. Dua orang memakan salad yang salah satunya dimasukkan alpukat sementara satunya lagi tidak, setelah dicek ternyata benar satu orang yang makan salad yang di dalamnya terdapat alpukat membantu penyerapan nutrisi lima kali lebih baik ketimbang yang tidak dibarengi dengan alpukat.

2. Manfaat buah Alpukat Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan lutein dalam buah alpukat merupakan kadar lutein terbanyak dibanding buah-buahan lain yang sama-sama memiliki keistimewaan dalam menopang kesehatan manusia.

Lutein adalah bagian dari karotenoid yang secara alami diproduksi di kloroplas dan chromoplasts tanaman. Lutein bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan daya penglihatan manusia. Penelitian juga menunjukkan bahwa tingginya kadar lutein dalam alpukat dapat mengecilkan risiko kelainan pada mata khususnya degenerasi makula dan katarak.

3. Manfaat Buah Alpukat Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Manfaat buah alpukat lainnya adalah mampu menghambat sel kanker serta mencari sel kanker yang baru timbul dan begitu ditemukan langsung dihancurkan tanpa memberikan dampak buruk terhadap sel-sel kesehatan aktif lainnya.

4. Buah Alpukat Menurunkan Kadar Kolesterol

Untuk penderita gagal jantung disarankan makan buah alpukat secara rutin, dalam waktu satu minggu akan mengalami penurunan kolesterol sebesar 17% tanpa mengurangi kadar kolesterol yang baik bagi kelangsungan fungsi organ jantung.

5. Buah Alpukat Sumber Glutathione Antioksidan

Alpukat merupakan salah satu buah penghasil glutathione. Glutathione bisa diperoleh juga dari sayuran seperti asparagus, bayam, dan sayur brokoli. Semua buah dan sayur segar dapat meningkatkan kadar glutathione, khususnya sayuran seperti kubis, tauge, dan kubis. Anda juga bisa melakukan mixing nutrition untuk mendapatkan glutathione lebih maksimal. Misalnya, dengan menikmati makan malam dengan salad sayur, telur, dan jus alpukat.

6. Buah Alpukat Mengandung Potassium

Potassium tergolong ke dalam mineral yang dimanfaatkan oleh saraf otonom pengontrol detak jantung, fungsi otak, dan proses fisiologis penting lain. Buah yang digadang-gadang mengandung potassium selama ini adalah buah pisang, tetapi fakta membuktikan bahwasanya alpukat ternyata lebih banyak mengandung potassium daripada pisang. Buah alpukat mengandung sekitar dua kali lipat (975 mg) lebih banyak kandungan potassium dibanding pisang. Buah alpukat yang mengandung banyak potassium mampu menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi rasa nyeri otot dan memelihara kestabilan cairan elektrolit dan asam basa dalam tunuh.

7. Buah Alpukat Tinggi Protein dan Lemak Tak Jenuh

Alpukat menyimpan sekitar empat gram protein pada satu buahnya. Angka tersebut bisa mensuplai kebutuhan protein harian tubuh manusia. Anda bisa mengonsumsi alpukat sebagai pengganti protein hewani seperti telur setiap paginya.

Menurut USDA MyPlate dan Dietary Guidelines for Americans, alpukat menyediakan asam amino yang peranannya serupa seperti potassium. Yaitu membantu membangun dan memelihara otot serta jaringan-jaringan tubuh.

8. Buah alpukat Menjaga Kesehatan Mata

Alpukat mengandung lutein, Lutein merupakan antioksidan alami yang dapat membantu memelihara kesehatan mata seiring bertambahnya usia.
Dikutip dari Avocado Central, lutein tidak bisa disintesa oleh tubuh. Sehingga perlu asupan lutein dari luar untuk pemenuhannya. Tetapi timbul kabar baik, bahwa alpukat menjadi solusi dari masalah ini. Anda bisa memperoleh lebih banyak lutein dari alpukat. Sekitar 81 mikrogram lutein tersimpan dalam satu ons buah alpukat.
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa lutein terbukti terkonsentrasi pada makula mata yang dapat membantu menjaga penglihatan agar tetap sehat meski di usia senja.

9. Sangat Baik untuk Bayi dan Ibu Menyusui

Seperti yang kita ketahui bahwa daging alpukat begitu lunak sehingga balita-pun tidak kesulitan ketika mengonsumsinya. Memberi asupan sehat sejak usia dini merupakan langkah tepat untuk menciptakan generasi penerus yang sehat dan cerdas. Sebagai orang tua, sudah pasti harus memikirkan masa depan anak. Oleh sebab itu, awali dengan pemilihan nutrisi sehat secara cermat, Berikan sang anak nutrisi sehat dari makanan yang nanti akan dijadikan kesukaannya, seperti buah alpukat.
Jangan terlalu ‘mencekoki’ dengan dalih agar suka, tetapi lakukan secara perlahan. Jika sang buah hati mulai jenuh mengonsumsi bubur alpukat, Anda bisa mencari resep membuat makanan sehat pendamping ASI berbahan dasar alpukat.

10. Memelihara Berat Badan

Anda sedang menjalankan diet rendah kalori? Tambahkan alpukat ke dalam daftar menu harian Anda. Alpukat akan menyalurkan sekitar 20 vitamin, mineral, dan fito-nutrien yang menunjang diet rendah kalori seseorang. Alpukat bebas kolesterol dan rendah kalori oleh karena itu sangat baik untuk yang sedang menjalankan diet, karena alpukat bisa menggantikan menjadi sumber lemak lain.
Jika Anda seorang pria yang sedang fokus menguruskan badan, kolaborasikan buah alpukat dan telur. Jadikan telur dan jus alpukat sebagai teman sarapan. Telur akan menyumbang protein berkualitas tinggi yang siap mendorong perbaikan dan pertumbuhan jaringan otot. Sementara alpukat memberikan 8% kebutuhan lemak tak jenuh tunggal harian Anda, sekitar 3 gram.

Manfaat buah alpukat bagi kecantikan tentu mengharuskan Anda melakukan perawatan secara rutin. Sebagia contoh untuk scrub tangan dengan tujuan menghaluskan kulit lantaran nutrisi maupun senyawa di dalamnya yang sangat tepat untuk menjaga kesehatan kulit, sama halnya dengan manfaat minyak zaitun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s