manfaat Ciplukan

Ketahui manfaat ciplukan bagi kesehatan


Ketahui manfaat ciplukan bagi kesehatan, Ciplukan atau juga sering disebut ceplukan (Physalis angulata l.) merupakan tumbuhan liar yang tumbuh dengan subur di dataran rendah sampai ketinggian 1.550 meter di atas permukaan laut, di tanah tegalan, atau sawah kering. Tumbuhan ini dapat ditemukan di semua negara dengan iklim tropis terutama di Afrika, Asia, dan Amerika.

Tanaman ciplukan terdiri dari daun, buah, batang dan akar, kebanyakan orang menganggap bahwa tanaman ini hanya sebagai tanaman yang mengganggu tanaman budidaya sehingga banyak orang yang membasmi tanaman ini.

Sebenarnya tanaman ini mempunyai banyak manfaat terutama dalam bidang obat-obatan. Kandungan kimia ciplukan antara lain Fisalin B, Fisalin D, Fisalin F, Withangulantin A, protein, minyak lemak, asam palmitat dan asam stearat, alkaloid, glikosida flavonid, dan saponin. Secara spesifik glukosida flavonoid dalam ciplukan terbukti dapat digunakan sebagai obat diabetes mellitus karena dapat memperbaiki regulasi darah dengan menurunkan kadar gula dalam darah dan menghilangkan efek samping (komplikasi) diabetes mellitus di mana tubuh penderitanya tidak bisa secara otomatis mengendalikan tingkat gula (glukosa) dalam darahnya.
Banyak orang selama ini memandang sebelah mata tanaman ciplukan, tanpa mengetahui khasiat dan manfaat dari ciplukan sebagai obat tradisional.

Struktur yang ada dalam tanaman ciplukan masing-masing mempunyai khasiat dan manfaat dalam membantu mengobati berbagai penyakit yang di kategorikan dalam penyakit berat.

Zat bermanfaat yang ada dalam tanaman ciplukan adalah sebagai berikut:

  1. Vitamin C, gula, fisalin, tanin, kriptoxantin, polifenol dan steroid terletak pada buahnya
  2. Asam palmitat, stearat terletak pada biji buahnya.
  3. Flavonoid dan saponin terletak pada daun dan tunas
  4. Alkaloid terletak pada akarnya
  5. Chlorogenic acid terletak pada batang dan daun

Selain zat bermanfaat di atas masih ada zat lainya seperti asam malat, asam sitrun, dan H2o yang semua zat- zat tersebut dapat membantu kesehatan tubuh Anda.

Manfaat Akar tanaman ciplukan

Mengobati penyakit diabetes mellitus,

Cara penyajian sebagai obat tradisional diabetes mellitus adalah sebagai berikut. Pilih tanaman yang sudah berbuah dan berumur, cabut tanaman tersebut dan ambil bagian akarnya kemudian bersihkan, sebelum di rebus, ada baiknya diamkan beberapa saat akar ciplukan tersebut sampai menjadi layu. Kemudian  rebus  akar ciplukan dengan 3 gelas air bersih, tunggu sampai rebusan tersebut benar benar mendidih dan hanya tersisa satu gelas saja.

Berikutnya ambil air yang tersisa dan saring hingga bersih dari akar, minum satu kali sehari dan lakukan secara rutin.

Manfaat buah ciplukan

Manfaat buah ciplukan untuk mengobati penyakit ayan/ epilepsi.

Jika anda atau anggota keluarga ada yang mengidap penyakit berbahaya ini, ada baiknya mengkonsumsi sekitar 8 sampai 10 butir setiap harinya, kandungan pada buah ciplukan dapat membantu mengatasi ayan secara berkala.

Menurunkan darah tinggi

Khasiat buah ciplukan lainya adalah sebagai obat tradisional yang dapat membantu menurunkan darah tinggi/ hipertensi.

Cara penyajian: ambil buah ciplukan sebanyak 5 gram saja, rebus dengan air sebanyak 110 ml selama kurang lebih 10 samapai 15 menit sambil terus di aduk. setelah sampai waktu yang di tentukan, saring air rebusan dan dinginkan sejenak kemudian minum 2 kali sehari. Hal yang perlu di ingat adalah janganlah terlalu lama menyimpan karena akn mengurangi bahkan menghilangkan senyawa yang ada.

Mengobati sakit paru- paru
Khasiat lainya adalah membantu mengobati penyakit paru- paru.

Untuk pengobatan penyakit paru-paru, semua struktur pada tanaman mulai dari akar, daun, bunga, batang dan buah rebus sampai mendidih dengan air sebanyak 3 sampai 5 gelas saja, dan seperti sebelumnya saring kemudian minum secara rutin 3 X sehari.

Manfaat daun ciplukan

Manfaat daun ciplukan mampu melawan kanker, menurut beberapa penelitian kesehatan, steroid pada daun dan buah ciplukan bisa membantu melawan dan membunuh sel-sel ganas yang tumbuh dalam tubuh. Dan study tersebut juga menyatakan bahwa ekstrak tanaman ciplukan dapat mengecilkan ukuran tumor dan kanker.

Semoga artikel khasiat dan manfaat dari tanaman ciplukan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita, yang sebelumnya menganggap tanaman ciplukan sebagai gulma atau tanaman liar ternyata menympan berjuta manfaat buat kesehatan kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s