Makanan yang bikin perut kenyang lebih lama

Makanan ini bikin perut kenyang lebih lama


Ketika Anda mencoba melakukan diet untuk menurunkan berat badan, seringkali megurangi porsi  makan dalam jumlah yang besar. Akibatnya Anda justru merasa lapar sepanjang hari dan badan merasa lemas. Inilah mengapa program diet seringkali gagal.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi selama Anda menjalani diet yang dapat membuat kenyang lebih lama sehingga diet Anda berhasil. Makanan ini adalah makanan sehat yang dapat mencukupi nutrisi sehari-hari.

Berikut daftar makanan yang bikin perut kenyang lebih lama ::

1. Apel
Makan apel yang kaya serat dan air sebelum sarapan dapat membantu Anda kenyang lebih lama sehingga mampu mengurangi asupan karbohidrat lebih banyak.

Satu buah apel ukuran sedang mengandung 95 kalori dan 4 gram serat. Penelitian terbaru, yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition menyarankan kita untuk meningkatkan asupan serat harian kita agar bobot tubuh tidak terus melonjak.

2. Alpukat
Makan setengah dari buah alpukat pada saat makan siang akan membantu Anda merasa kenyang sampai sore hari. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal Nutrition, wanita yang makan setengah buah alpukat di waktu makan siang 22 persen merasa lebih kenyang, memiliki keinginan makan camilan menurun 24 persen sampai tiga jam kemudian.

3. Kacang-kacangan
Kandungan makanan seperti kacang buncis dan kacang polong kaya akan protein, serat, antioksidan, vitamin B, dan zat besi. Makan kacang-kacangan dapat membantu Anda mengontrol nafsu makan.

4. Coklat hitam
Penelitian menunjukkan coklat hitam dapat membantu mengurangi stress, melindungi jantung, dan otak. Makanan ini juga lebih mengenyangkan daripada coklat susu. Coklat hitam dapat membantu mengekang hasrat untuk makan makanan yang manis dan asin. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Nutrition & Diabetes, peserta yang mengkonsumsi coklat hitam 17 persen lebih sedikit kalori yang dikonsumsi ketimbang mereka yang tidak memakannya.

5. Telur
Makan 39 gram telur pada saat sarapan mengurangi rasa lapar dan akan membuat kenyang lebih lama sampai jadwal makan siang. Penelitian mengungkapkan sarapan tinggi protein dapat mengurangi kalori sepanjang hari karena merasa kenyang lebih lama.

Untuk orang yang sedang melakukan program diet, sarapan dengan telur akan membuat mereka merasa kenyang lebih lama. Plus, dapat menggilas lemak 2 kali lebih banyak dibanding dengan yang mengonsumsi jumlah kalori yang sama dari roti. Tidak hanya untuk sarapan, kehadiran telur dalam salad akan menjadikannya camilan sehat dan mengenyangkan.

6. Kacang
Dalam British Journal of Nutrition Studi, wanita dengan obesitas yang mengkonsumsi 1,5 ounce (setara 42,5 gram) kacang atau tiga sendok makan selai kacang dengan roti gandum putih dan jus jeruk merasa lebih kenyang sampai 12 jam. Kacang pada dasarnya mampu mengontrol nafsu makan karena kaya akan lemak tak jenuh yang sehat, protein, serta sedikit serat.

7. Havermut
Kerap disebut oatmeal, bahan pangan ini akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Oatmeal merupakan makanan tinggi serat, protein, juga memiliki jumlah beta glucan lebih tinggi sehingga membuat jantung lebih sehat.

Mengonsumsi sarapan dengan makanan pelepas karbohidrat yang lambat atau ber-GI rendah, seperti oatmeal, 3 jam sebelum kita berolahraga akan membantu proses pembakaran lemak lebih banyak.

Mengasup makanan dengan GI rendah tidak akan membuat gula darah kita melonjak setinggi mengonsumsi makanan dengan GI tinggi, seperti roti tawar putih. Dan hasilnya, kadar insulin dalam darah pun tidak ikut naik tinggi.

Sumber: Herbal Sejagat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s