ubah hobi jadi pendapatan


ubah hobi jadi pendapatan

JAKARTA,  – Hobi memang bisa membawa anda ‘kabur’ dari penatnya rutinitas. Akan tetapi, hobi juga ternyata dapat memberi pemasukan bagi anda, baik untuk pemasukan tambahan maupun untuk tabungan anda. Dalam beberapa kasus, hobi pun dapat memberikan anda pendapatan penuh, bukan sampingan.

Hobi-hobi seperti melukis, menulis, kerajinan tangan, dan fotografi bisa anda ubah menjadi bisnis. Simak bagaimana caranya.

1. Permintaan
Sebelum anda mengubah hobi menjadi bisnis, anda harus tahu apakah ada permintaan atas apa yang akan anda jual. Misalnya, anda ingin memberikan kursus golf, pergilah ke club house terdekat dan cari tahu apakah mereka membutuhkan instruktur. Atau jika anda ingin menjual lukisan anda, kunjungi galeri terdekat dan carilah secara online apakah ada ‘pasar’ untuk lukisan anda.

2. Rencana Bisnis
Saat anda memutuskan mengubah hobi menjadi sumber pendapatan, buatlah rencana bisnis untuk membantu langkah bisnis anda. Sebuah rencaba bisnis dapat memberikan arah dan aspek bisnis hobi anda, membantu anda agar tetap fokus pada bisnis yang dijalankan, dan mempersuasi pihak lain, misalnya investor, untuk memberi anda uang guna pengembangan bisnis.

3. Pengajaran
Tawarkan kelas-kelas kursus melalui iklan di koran, online, dan media sosial untuk membantu orang lain mempelajari hobi anda. Apakah anda gemar olahraga tertentu, seperti menari, melukis, atau kerajinan tangan. Anda dapat memberi kursus untuk memperoleh tambahan pendapatan. Kursus tersebut bisa saja diadakan secara privat.

4. Kerja Lepas (Freelance)
Tawarkan pekerjaan lepas kepada klien untuk menghasilkan uang dari hobi anda. Anda misalnya dapat menawarkan pekerjaan lepas dari hobi menulis, menerjemahkan, desain web, fotografi, atau desain grafis.

5. Lelang Online
Jual produk yang anda buat melalui pelelangan online. Menjual kerajinan tangan, lukisan, patung, dan perhiasaan buatan sendiri melalui lelang online dapat membantu anda memperoleh tambahan penghasilan dengan melakukan hobi yang anda gemari. Karena pelelangan online menjangkau audiens lokal dan internasional, faktor pengiriman barang harus dipertimbangkan dalam “memasang harga.”

6. Blog dan Situs
Tawarkan produk anda melalui situs atau blog. Anda dapat memberi informasi atau gambar mengenai hobi anda dalam situs atau blog untuk menarik perhatian pengunjung yang kemudian membeli barang anda.

 

 

 

Sumber Kompas.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s