Kemacetan di Houston pada 21 September 2005

5 Kemacetan Terparah yang Pernah Terjadi dunia


Provinsi DKI Jakarta selalu diidentikkan dengan kemacetan. Setiap hari kita di suguhi dengan berita tentang kemacetan, tetapi tahukah Anda kemacetan terparah yang pernah terjadi didunia? berikut 5 Kemacetan Terparah yang Pernah Terjadi dunia

1. Kemacetan di Beijing pada 14 Agustus 2010

Kemacetan di Beijing pada 14 Agustus 2010

Pada jalan layang Beijing-Tibet di luar Ibu Kota Beijing, China, pengemudi terjebak dalam kemacetan lalu lintas sepanjang 99 kilometer dan berlangsung selama 12 hari pada 14 Agustus 2010. Mobil hanya bisa berjalan merangkak dengan kecepatan hanya sekitar tiga kilometer per hari. Beberapa pengemudi memperkirakan mereka baru bisa melewati kemacetan setelah tiga hari.

Penyebab kemacetan bukan hanya karena meroketnya jumlah mobil dan pengemudi di China, tetapi juga lantaran banyaknya truk yang membawa perlengkapan konstruksi ke Beijing. Namun ?yang menarik adalah bahwa perlengkapan konstruksi itu ternyata untuk sebuah pekerjaan di jalan tol, sebuah rencana dimaksudkan untuk mengurangi dan menghilangkan kemacetan lalu lintas.

Namun setidaknya kemacetan lalu lintas melahirkan sebuah ekonomi kecil, di mana banyak pedagang lokal memanfaatkan kemacetan dengan menjual air dan makanan seperti mie instan dengan harga tinggi. Beberapa pengemudi bahkan ada yang mencoba untuk menghabiskan waktu dengan bermain kartu, sedangkan sisanya menjadi korban pencurian dan pemerasan dari penduduk setempat.

2. Kemacetan di Paris pada 16 Februari 1980

Kemacetan di Paris pada 16 Februari 1980

Apa yang terjadi ketika ratusan orang kembali dari liburan ski mereka di Prancis? Hasilnya tentu saja kemacetan lalu lintas terpanjang pernah tercatat.?

Menurut Guinness World Records, kemacetan lalu lintas itu dilaporkan mencapai 175 kilometer, mulai dari Kota Lyon ke Ibu Kota Paris pada 16 Februari 1980. Kemacetan terjadi karena banyaknya jumlah kendaraan yang memadati jalan raya, ditambah cuaca buruk akibat musim dingin.

Sedikit yang diketahui terkait berapa lama para pengemudi terjebak dalam kekacauan itu. Tetapi pada jarak 177 kilometer, dengan kecepatan rendah dan cuaca buruk, para pengemudi kemungkinan sudah terjebak dalam kemacetan selama beberapa jam.?

3. Kemacetan di Houston pada 21 September 2005

Kemacetan di Houston pada 21 September 2005

Lebih dari 2,5 juta orang berusaha untuk mengungsi dari Kota Houston, Negara Bagian Texas, sebelum Badai Rita menghantam kota itu pada 2005. Alhasil, dampak dari peristiwa itu membuat kemacetan lalu lintas sepanjang lebih dari 160 kilometer pada rute evakuasi resmi di Interstate 45.

Dalam evakuasi terbesar dalam sejarah Amerika Serikat, tiga juta orang diperkirakan membanjiri jalan raya pada 21 September 2005. Sekitar 48 jam kemudian, banyak orang terjebak di kemacetan, di mana mereka terlihat hanya duduk-duduk hingga lebih dari 24 jam di jalan sepanjang 482 kilometer dari Kota Galveston ke Kota Dallas.

Petugas polisi berpatroli di jalan raya sambil membawa bensin untuk membantu para pengemudi keluar dari kota itu. Sementara mobil derek mencoba untuk bergerak di sepanjang bahu jalan, menarik mobil mogok keluar dari jalan.?

Ketika lalu lintas berhenti total, para pengemudi keluar dari mobil mereka dan bermain lempar tangkap, berdiri di samping mobil mereka, merekam kejadian atau sekedar berjalan-jalan di antara kendaraan dan mengobrol dengan orang-orang di sepanjang jalan. Bahkan beberapa di antara mereka terlihat tertidur di tempat parkir.

4. Kemacetan di Sao Paulo pada 10 Juni 2009

Kemacetan di Sao Paulo pada 10 Juni 2009

Disebut sebagai kota dengan kemacetan lalu lintas terburuk di dunia oleh majalah Time, Sao Paolo, Brasil, pernah mencatat rekor kemacetan sepanjang lebih dari 292 kilometer pada 10 Juni 2009.

Tidak peduli apakah itu akhir pekan atau hari kerja, warga Sao Paolo kerap menghadapi kemacetan parah. Biasanya, panjang kemacetan lalu lintas meliputi 190 kilometer di jam sibuk dengan para pengemudi menghabiskan waktu dari tiga sampai empat jam di belakang kemudi saban harinya.

Penyebab kemacetan lalu lintas yang ekstrem terjadi karena meningkatnya ekonomi dan gaya hidup masyarakat di Negeri Samba itu. Penjualan kendaraan komersial melambung setiap tahunnya, dengan sekitar 1.000 mobil baru memadati jalan-jalan saban harinya.

5. Kemacetan di Tokyo pada 12 Agustus 1990

Kemacetan di Tokyo pada 12 Agustus 1990

Insiden kemacetan lalu lintas terburuk dalam sejarah transportasi Jepang terjadi pada 12 Agustus 1990, ketika banyak warga Jepang pulang dari liburan musim panas dan adanya evakuasi dari ancaman Badai Winona. Kemacetan itu dikabarkan melibatkan lebih dari 15.000 mobil.

Kemacetan lalu lintas mengakibatkan rangkaian mobil sepanjang 135 kilometer. Bahkan dilaporkan ada korban meninggal dalam insiden kemacetan parah itu.

Meskipun Kota Tokyo terkenal untuk tingkat kemacetannya yang tinggi, tetapi jumlah kendaraan yang meningkat dua kali membuat jalan-jalan terisi oleh banyaknya kendaraan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s