Penelitian Membuktikan Wormwood Ampuh Obati Kanker


Beritasejagat.com – Banyak orang yang belum familiar dengan tanaman herba bernama wormwood yang biasanya digunakan oleh masyarakat China dalam menggunakan obat-obatan. Padahal penelitian terbaru mengungkap bahwa senyawa dalam tanaman ini bisa membunuh hingga 98 persen sel kanker payudara dalam waktu kurang dari 16 jam.

Jika digunakan sendirian, tanaman ini bisa mengurangi sel kanker hingga 28 persen. Namun jika digunakan bersama dengan zat besi, tanaman wormwood bisa membunuh hampir semua sel kanker. Uniknya, sel yang masih sehat sama sekali tak terpengaruh dengan efek tanaman ini.

Semua khasiat tersebut disebabkan oleh adanya senyawa artemisinin dalam tanaman wormwood. Sebelumnya, senyawa ini digunakan dalam obat anti-malaria. Namun sekarang terbukti bahwa tanaman ini juga ampuh membunuh kanker, seperti dilansir oleh Daily Health Post (02/01).

Ini bukan satu-satunya penelitian yang membuktikan bahwa wormwood ampuh untuk obat kanker. Namun dalam penelitian ini baru diketahui bahwa khasiat wormwood sangat luar biasa, terutama jika dipadukan dengan zat besi. Selama ini parasit malaria tak bisa hidup ketika terpapar artemisinin karena kadar besi di dalamnya. Ternyata hal yang sama juga berlaku pada sel kanker.

Meski begitu, sejak lama diketahui bahwa ekstrak wormwood susah ditemukan dan tak bisa didapatkan dengan harga murah. Namun peneliti Henry Lai dan Narendra Singh dari University of Washington berencana mengembangkannya menggunakan teknologi bioengineering.

Sumber: Merdeka.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s