Cara Mengajarkan Anak Tentang Uang


Menabung uang

Sebagai orang tua sudah menjadi tanggung jawab kita untuk mengajarkan anak mengenai konsep Uang, misalnya konsep menabung, membuat anggaran dan mengembangkan uang (investasi). Tapi pembicaraannya ga usah terlalu detail dan mendalam. Cukup konsep dasar saja yang diajarkan. Yang penting anak menjadi tau bagaimana cara menghargai uang

Sebuah situs manajemen keuangan telah mengumpulkan tips2 kepada para orang tua sekarang untuk mengajarkan anak konsep mengatur Uang?
1) Komunikasi. 
Bersikaplah terbuka dan luangkan waktu untuk berdiskusi dengan anak Anda mengenai uang. Ajarkan anak cara mendapatkan, menyimpan serta menggunakan uang. Lebih lanjut, Anda dapat mengajarkan cara mengembangkan uang, misalnya berjualan limun di depan rumah

2) Jangan segan menceritakan permasalahan keuangan dalam keluarga anda.
Tidak perlu terlalu detail dan menyeluruh. Mulailah dengan menjelaskan mengenai skala prioritas kebutuhan. Misalnya kebutuhan uang sekolah lebih penting dibandingkan dengan mainan anak.

3) Ajak anak berbelanja.
Biarkan dia menghitung pengeluarannya dan menganalisis barang apa saja yg perlu dibeli. Pelajaran pada kegiatan ini adalah bukan mengenai berhemat, tetapi tekankan kepada anak perlunya sikap untuk mengatur dan memilah-milah apa saja barang yang perlu dibeli dan tidak perlu dibeli.

4) Ajarkan konsep menyimpan uang kepada anak
Letakkan celengan besar yg tidak bisa dibuka di kamar anak. Ini lebih efektif daripada celengan yang bisa dibuka-tutup.

5) Jadilah teladan
Terakhir yang paling penting dan paling efektif adalah buatlah diri Anda menjadi seorang teladan bagi anak. Berikan contoh langsung kepada anak sehingga mereka dapat melihat dan kemudian meniru serta mempraktikkannya.

 

Sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s