Bawang putih

8 Makanan Tepat untuk Kesehatan Hati


Hati memiliki fungsi yang sangat penting dalam tubuh. Tidak menjaga kesehatan hati dapat meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, kelelahan yang kronis, sakit kepala, masalah pencernaan, alergi dan banyak penyakit lainnya.”Hati memiliki banyak fungsi penting yang menjaga seseorang tetap sehat. Hati akan menyingkirkan materi berbahaya dari aliran darah dan membantu mencerna makanan,” kata ahli gizi holistik Hermeet Suri dari Mississauga, Ontario.

Suri juga mengatakan dengan banyak minum air putih serta menghindari konsumsi terhadap tembakau, alkohol, kopi dan gula putih merupakan cara-cara untuk menjaga kesehatan hati. Selain itu, jenis makanan yang di konsumsi setiap hari juga memengaruhi kesehatan hati. Untuk menjaga kesehatan hati melalui makanan, Anda bisa mengkonsumsi jenis makanan berikut seperti yang dilansir dari Huff Post.

1. Bawang putih
Bawang putih membantu hati Anda mengaktifkan enzim yang dapat membuang racun. Bawang putih juga memiliki jumlah allicin dan selenium yang tinggi, dua senyawa alami yang membantu dalam pembersihan hati.

 2. Anggur
Makan atau minum jus anggur dapat membantu hati Anda menghalau karsinogen dan racun. Buah ini juga kaya akan vitamin C dan antioksidan.

 3. Bit
Bit adalah tanaman tinggi senyawa flavonoid yang dapat meningkatkan fungsi hati secara keseluruhan.

 4. Sayuran hijau
Sayuran hijau seperti bayam dan selada memiliki kemampuan untuk menetralisir logam, bahan kimia dan pestisida yang mungkin ada dalam makanan kita. Selain itu sayuran hijau juga bertindak sebagai mekanisme perlindungan untuk hati, seperti yang dikatakan Suri.

5. Teh hijau
Teh hijau penuh antioksidan yang dikenal sebagai katekin, guna meningkatkan fungsi hati.

6. Lemon
Selain lemon kaya akan vitamin C, lemon juga membantu membersihkan racun dalam tubuh dan membantu proses pencernaan.

7. Kunyit
Kunyit telah dikenal membantu mencerna lemak dan merangsang produksi empedu. Hal ini juga dapat bertindak sebagai bentuk alami dari detoksifikasi untuk hati.

 8. Alpukat
Menambahkan alpukat pada pola makan Anda dapat membantu tubuh Anda memproduksi jenis antioksidan yang disebut glutation, yang dibutuhkan hati untuk menyaring bahan berbahaya.

Sumber: Republika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s