Sumber Kalsium Berharga yang Tak Pernah Anda Kira

Sumber Kalsium Berharga yang Tak Pernah Anda Kira


Bila Anda tak suka produk susu dan olahannya, atau bahkan tubuh anda cenderung tak setuju menerima asupan jenis makanan itu, tak perlu terlalu cemas dengan pasokan kalsium.
Meski demikian jangan terlalu mengandalkan pil kalsium karena Anda bisa melewatkan bonus ekstra dengan menyantap makanan-makanan sumber kalsium yang juga kaya gizi bagi tubuh Anda. Jadi inilah contekan daftar belanja sederhana dari sharecare.com yang perlu dicatat.

Jangan lupa bonus di akhir daftar yang bisa membuat tubuh mendapatkan manfaat total dari seluruh makanan kaya kalsium yang telah Anda kunyah.

Makan ikan
. Ikan sarden, kira-kira 100 gram saja bisa menyuplai tubuh dengan 370 mg kalsium. Angka itu jauh lebih tinggi dari segelas susu (290 mg), dan itu sudah mencakup sepertiga dari kalsium harian 1000 mg yang Anda butuhkan.

Tips bila sudah mencapai usia di atas 50 tahun sangat dianjurkan mengasup kalsium 1.200 mg. Tak hanya itu, ikan kecil ini juga kaya dengan asam lemak omega-3 yang sehat dan vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium.

Minumlah kalsium dalam botol. Maksudnya? Air mineral bisa mengandung hingga 108 kalsium setiap gelasnya. Memang mereka tidak sebanyak susu, tapi ada bonus besar: bebas kalori. Cukup cek label nutrisi untuk memastikan ada kandungan kalsium di botol air mineral yang Anda beli.

Siapkan salad cerdas untuk makan siang
. Menu satu ini penuh kalsium jika Anda tahu benar sayur mana yang harus dipilih. Kita tentu saja tidak berbicara tentang potongan balok-balok kecil keju.

Mulai dengan bayam rebus segenggam (30 mg kalsium) dan brokoli (43 mg). Setelah itu tambahkan setengah genggam kacang-kacangan, bisa kacang hijau rebus, kacang merah, atau kacang polong hijau (rata-rata 62 mg), juga satu sendok makan biji wijen (176 mg) dan juga sayur-sayur lain. Total anda bisa mendapatkan 325 mg kalsium dengan banyak serat, vitamin C, A, E dan juga protein. Sangat Jelas, menu yang sehat dan baik untuk kesehatan Anda.

Tuangkan jus. Sebisa mungkin buatlah jus Anda sendiri. Buah jeruk ukuran sedang memiliki –kejutan–sekitar 55 mg kalsium dan kalsium dalam jus jeruk bisa mencapai 300 mg per gelas. Itu belum menghitung vitamin yang dikandung si buah warna oranye.

Bonus:
Jalan kakilah. Meski Anda mendapat banyak asupan kalsium, tubuh Anda bisa jadi lambat menyerapnya. Vitamin D dibutuhkan untuk membuat deposit kalsium di tubuh Anda bisa aktif dan kulit Anda bisa membentuk vitamin D lebih banyak dan lebih cepat ketika terpapar dengan cahaya matahari.

Sekitar 10 hingga 15 menit terkena cahaya matahari selama beberapa pekan, itulah yang dibutuhkan. Itu pula alasan sederhana untuk mendapat asupan sinar matahari aman agar membuat Anda terlihat 1,7 tahun lebih muda.
Sumber: Republika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s