Tumor Seberat 25 Kilogram Diangkat dari Rahim Wanita Ini


operasi pengankatan tumor
Butuh waktu dua jam untuk mengangkat tumor berukuran raksasa itu.

Beritasejagat.com – Tim dokter dari Rumah Sakit Torrevieja, Spanyol, berhasil mengangkat tumor seberat 25 kilogram dari rahim seorang wanita berusia 47 tahun. Seperti dilansir dari lamanTorrevieja-salud, 4 Desember 2013, hanya ada lima kasus medis serupa yang diterbitkan di tingkat ilmiah hingga saat ini.

Wanita yang tidak disebutkan namanya tersebut pergi ke Rumah Sakit Torrevieja setelah perutnya kian membesar. Akibat perutnya yang semakin membesar, pasien itu mengalami berbagai masalah kesehatan. Ia sulit bernapas ketika tidur dan tidak nyaman saat berjalan atau mengerjakan aktivitas sehari-hari.

Pasien kemudian menjalani laparatomi. Hasilnya, ditemukan tumor kistik raksasa seberat 25 kilogram dan panjang 41 sentimeter dalam tubuh pasien. Tumor membentang dari pubis ke xifoideus .

Untuk mengangkat tumor tersebut, dokter melakukan tindakan histerektomi dan oforektomi ganda. Teknik ini memungkinkan seluruh tumor diangkat dalam operasi yang berlangsung selama dua jam.
Kepala Departemen Obstetri dan Ginekologi Rumah Sakit Torrevieja Dr Eduardo Cazorla mengatakan bahwa selama 20 tahun berkarier, ini pertama kalinya ia menangani kasus seperti itu. Ia pun mengatakan bahwa kompleksitas operasi sangat tinggi mengingat besarnya ukuran tumor.

Setelah lima hari berada di rumah sakit dan 20 hari istirahat di rumah, pasien tersebut dikabarkan telah sembuh sepenuhnya. Hingga kini, belum ada tanda-tanda tumor muncul kembali.
k-muricata

 

Sumber: VIVAlife.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s