Madu

Agar Fungsi Otak Tetap Terjaga dan Terhindar Kecemasan, Konsumsi Madu


Studi terbaru tentang khasiat madu menemukan, minuman ini dapat memberikan kekuatan berpikir yang lebih baik bagi otak di usia tua. Konsumsi madu secara teratur akan menjaga kualitas otak sehingga meningkatkan kerja memori dan mengurangi kecemasan. Demikian studi dari Universitas Waikato di Hamil ton, seperti dikutip Genius Beauty.

Peneliti menemukan hal ini setelah melakukan percobaan pada tikus laboratorium. Tikus tersebut diberikan berbagai jenis sumber glukosa atau gula secara rutin. Sekelompok tikus diberikan madu. Kelompok kedua mendapatkan gula dari sukrosa. Sementara kelompok terakhir diberikan produk yang tidak mengandung gula sama sekali. Secara kontinyu tikus-tikus ini mendapatkan tes dan peneliti mengamati tingkat kecemasan serta efek memori spasial. Hasil dari ketiga kelompok lalu dibandingkan.

Hasilnya, pada tikus yang diberikan madu diketahui memiliki prestasi yang lebih baik dibanding tikus pada kelompok lain. Tikus yang tubuhnya dipenuhi madu dapat menyusuri labirin percobaan dua kali lebih lama dibanding tikus di kelompok lain. Artinya, tikus tersebut memiliki kecemasan lebih rendah dibanding tikus yang dijejali sukrosa dan makanan tanpa gula.

Di samping itu, tikus yang memakan madu juga lebih percaya diri saat pergi ke area labirin. Mereka lebih bisa menghadapi tantangan dan meningkat memori spasialnya.

Inilah kemudian yang mengantarkan peneliti bahwa madu sangat berguna untuk mengatasi kecemasan dan meningkatkan memori spasial. Kemungkinan ini disebabkan oleh antioksidan kuat pada madu yang membuat sel-sel otak terjaga fungsinya dan terhindar dari masalah penuaan sel.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s