4 Tahapan, Ajari si Kecil Makan Sendiri


4 Tahapan, Ajari si Kecil Makan Sendiri4 Tahapan, Ajari si Kecil Makan Sendiri

Beritasejagat.com – Anak perlu dilatih mandiri sejak dini. Bisa diawali dengan makan sendiri. Sejak usia satu tahun anak sudah bisa dilatih menyuapkan makanan sendiri. Latihan bertahap akan membuat si kecil mahir makan sendiri.

Saat kemampuan motoriknya mulai berkembang, Anda bisa melatih si kecil memegang, memotong dan menyuap makanan sendiri. Menurut rekomendasi Yourkidstable (15/11/2013), beberapa cara ini bisa melatih si kecil makan sendiri.

1. Makan dengan jari

Metode ini cukup efektif untuk anak usia 7-9 bulan. Berikan anak sepotong makanan yang lembut dan biarkan mereka memasukkan makanan ke dalam mulutnya dengan jari-jari mereka. Ia akan belajar menggenggam dan mengunyah.

2. Makan dengan sendok makan

Keterampilan selanjutnya akan berkembang pada umur 9-15 bulan. Siapkan mangkuk dan sendok berbahan aman untuk anak. Isilah dengan makanan yang lunak dan biarkan ia mencoba memasukkan ke dalam mulut. Bantu ia berlatih memegang dan kalaupun sedikit berlepotan bisa segera dibersihkan.

3. Makan dengan garpu

Biasanya anak mampu belajar makan dengan menggunakan garpu pada umur 15-18 bulan. Taruh garpu balita yang aman di piring. Siapkan makanan yang mudah ditusuk misalnya keju, nugget dan buah yang lembut yang dipotong kecil.

4. Ajari anak dengan teratur

Jika anak belum mampu makan sendiri, cobalah latih berulang-ulang kali karena merupakan proses belajar. Karenaya latihlah secara teratur agar si kecil jadi terampil. Seiring dengan perkembangan motorik, ia juga akan punya keterampilan makan.

 

Sumber: detik.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s