Presiden yang Jual Pesawat Kepresidenan Demi Rakyat


Lilongwe, – Wanita ini merupakan presiden wanita pertama di Afrika bagian selatan. Meski baru memegang jabatan presiden pada 7 April 2012, namun presiden Malawi ini telah menuai banyak pujian atas langkah-langkah penghematan yang dilakukannya.

Joyce Hilda Banda telah menjual pesawat kepresidenan demi memberi makan lebih dari 1 juta jiwa rakyatnya yang dilanda kelaparan. Wanita kelahiran 12 April 1950 itu juga mengharuskan penjualan mobil-mobil dinas mewah para menteri kabinetnya. Bahkan, Banda juga merelakan gajinya dipotong 30 persen!

Banda menjadi presiden menyusul kematian mendadak Presiden Bingu wa Mutharika akibat serangan jantung. Sebelum menjadi presiden, dia merupakan wanita pertama yang menjadi wakil presiden di negara tersebut.

Majalah Forbes pernah menyatakan Presiden Banda sebagai wanita paling berkuasa di Afrika dan menempatkan di urutan ke-71 sebagai wanita paling berkuasa di dunia.

Banda pernah menikah dengan Roy Kachale dan mendapatkan tiga anak. Pada usia 25 tahun, dia tinggal di Nairobi, Kenya. Pada tahun 1975, sebuah gerakan wanita di Kenya memotivasi Banda untuk membawa pergi ketiga anaknya dan mengakhiri pernikahannya yang tidak harmonis. Pada tahun 1981, pernikahan itu berakhir.

Banda kini menikah dengan Richard Banda dan memiliki dua anak. Presiden Banda menjadikan penjualan pesawat kepresidenan sebagai prioritas pemerintahannya.

“Dana US$ 15 juta yang kami dapat dari penjualan jet kepresidenan akan digunakan untuk membeli jagung lokal untuk membantu memberi makan rakyat yang menderita, dan sebagian lagi digunakan untuk produksi kacang-kacangan,” kata juru bicara Departemen Keuangan Malawi Nations Msowoya seperti dilansir The Nation, Jumat (6/9/2013).

Penjualan pesawat ke perusahaan Virgin Islands, Bohnox Enterprise itu telah diumumkan Mei lalu. Jet mewah itu memang cukup menguras kas negara. Sebabnya, biaya pemeliharaan dan asuransinya mencapai US$ 300 ribu per tahun.

 

Sumber: detik

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s