bryanasiaonebsr

Bocah yang Tak Pernah Pipis Selama 3 Tahun


Bryan Liu

Singapura, Buang air kecil alias pipis adalah kondisi alami yang terjadi pada tubuh orang yang sehat. Tapi hal itu tidak berlaku bagi seorang bocah asal Singapura. Sejak 3 tahun lalu, tubuhnya tidak pernah memproduksi urine.

Si kecil Bryan Liu (6 tahun) terlahir hanya dengan satu ginjal, yang akhirnya juga gagal berfungsi ketika ia berusia 2 tahun.

Saat itu, sang bunda Serene Ng telah mendonorkan ginjal untuk putranya tercinta. Sayang, ginjal donor tersebut gagal berfungsi dengan baik dan harus segera diangkat. Alhasil, Bryan tak lagi memiliki organ ginjal.

Setelah kejadian itu, tubuh Bryan tak pernah lagi memproduksi urine, yang artinya ia tidak pernah buang air kecil. Ia pun harus menjalani prosedur dialisis (cuci darah) 10 jam setiap hari agar tetap hidup.

Tapi bocah pemberani ini akhirnya membuat sejarah dalam hidupnya pada 21 Juli lalu. Ia menjadi orang termuda yang menerima ginjal baru dari donor hidup altruistik (donor orang asing).

“Dia begitu bahagia. Dia terus tertawa dan saya tidak bisa percaya. Ia melakukannya berjam-jam. Setiap kali ia buang air kecil, ia terus tersenyum sendiri,” jelas Serene Ng (38 tahun) kepada The New Paper, seperti dilansir Asiaone, Kamis (9/8/2012).

Setelah Bryan mendapatkan ginjal baru, kini Bryan bisa minum sampai tiga liter air setiap hari. Sebelumnya, ia hanya diizinkan minum air sebanyak 300 ml.

Bryan juga bisa terbebas dari semua tabung yang melekat pada tubuhnya dan untuk pertama kalinya ia bisa mandi sejak hari transplantasinya.

“Dia berlari dan melompat-lompat. Dia begitu bahagia. Anda bisa tahu dari binar di matanya,” tandas Serene.

 

 

Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s