Jangan Facebook-an Saat Sedang Sedih


Jangan Facebook-an Saat Sedang Sedih

Media sosial saat ini tak terpisahkan dari setiap aktivitas manusia. Ingin sekadar membunuh waktu, mengungkapkan perasaan pada kekasih, atau untuk mempromosikan produk, Facebook atau Twitter siap membantu. Namun jika Anda sedang sedih, sebaiknya Anda menjauhkan diri dari Facebook. Menurut penelitian, semakin lama waktu dihabiskan  untuk melihat foto-foto teman di Facebook, semakin kita merasa bahwa orang lain memiliki kehidupan yang lebih menyenangkan. Mengapa bisa begitu?

Foto-foto teman yang sedang tersenyum atau tertawa-tawa ternyata mengirimkan pesan yang kurang baik untuk orang lain, demikian menurut Utah Valley University yang mengadakan penelitian ini. Peneliti mendapati 95 persen dari 425 partisipan rata-rata menggunakan Facebook lima jam dalam seminggu.

“Melihat foto-foto teman yang happy di Facebook memberikan kesan bahwa orang lain selalu bahagia dan mempunyai kehidupan yang baik,” ujar pemimpin studi ini, Hui-Tzu Grace Chou. Meskipun pengguna Facebook tahu bahwa teman-teman mereka pasti mengalami masa senang dan susah, namun foto profil yang biasanya hanya menunjukkan momen bahagia bisa memutarbalikkan persepsi mengenai kehidupan mereka sendiri.

Menurut Chou, ketidakpuasan yang diakibatkan oleh Facebook ini merupakan hasil proses psikologis dimana kita menarik kesimpulan yang salah mengenai orang lain berdasarkan informasi yang terbatas. Ketika prasangka tersebut masih ditambah dengan fakta mengenai jumlah teman di Facebook yang mencapai ribuan orang, meskipun banyak di antaranya bukan teman karib, kesedihan yang dirasakan bisa memburuk.

Studi yang diterbitkan di jurnal Cyberpsychology, Behaviour and Social Networking, ini juga mendapati bahwa orang yang menghabiskan waktunya untuk bertemu langsung dengan teman-teman atau keluarga, jarang sekali merasa bahwa mereka menjalani kehidupan yang buruk.


Sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s