Ubi Jalar, Si Penghambat Pertumbuhan Kanker


MUNGKIN banyak orang yang menganggap ubi jalar sebagai makanan kampung. Padahal, ubi jalar termasuk bahan alami yang mampu menghambat pertumbuhan kanker payudara lho. Demikian hasil penelitian para ilmuwan dari Fox Chase di Amerika Serikat baru-baru ini.

Ubi jalar mengandung asam retionat, turunan vitamin A yang bermanfaat bagi kesehatan mata dan berfungsi sebagai antikanker. Senyawa itu dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker di jaringan payudara.

Salah satu ilmuwan, Sandra Fernandez, mereaksikan asam retinoat ke beberapa kultur jaringan di laboratorium. Jaringan itu mewakili tahap-tahap pertumbuhan kanker. Senyawa itu pun bisa didapat pada wortel.

Kultur pertama mewakili sel normal manusia, sedangkan kultur kedua mewakili sel yang terpapar karsinogen atau pemicu kanker. Kultur ketiga berisi sel-sel yang invasif atau tumbuh secara tidak normal dan berikutnya adalah sel tumor yang sebenarnya dengan karakteristik mirip kanker payudara.

Dari seluruh kanker, efektivitas asam retionat ubi jalat lebih efektif pada kanker payudara stasiun awal. Saat itu, sel-sel kankernya belum terlalu invasif atau menyebar.

Senyawa tersebut bekerja dengan mengikat reseptor tertentu yang berperan dalam pembelahan diri sel-sel kanker. Ketika reseptor tersebut berikatan dengan asam retinoat, pertumbuhan sel kanker akan terhambat sehingga tidak akan bertambah besar.

Tampaknya asam retinoat sudah tidak terlalu memberikan manfaat jika kanker payudara sudah berkembang terlalu parah, kata Fernandez dalam konferensi tahunan American Association for Cancer Research (AACR).(go4/RRN)

Sumber:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s