12 Salah Langkah dalam Berdiet


Jakarta – Diet tanpa pengawasan dokter atau ahli gizi bisa menjadi malapetaka. Niat untuk mendapatkan tubuh langsing justru bisa menjadi sakit berkepanjangan. Berikut ini 12 kesalahan dalam berdiet.

1. Bergantung pada Diet Ekstrem

Berniat untuk menurunkan berat badan 10 pounds (4,5 kg) secara cepat, Anda biasanya memilih diet yang ekstrem. Semisal mengkonsumsi anggur atau semangkuk sup kol tiap hari. Anda memang akan menurunkan kalori hingga lebih dari 1.000 tiap hari dan tentu dampak nyatanya adalah berat badan turun. Tapi efek lain, metabolisme tubuh juga ikut turun. Sehingga ketika diet berakhir, Anda akan memiliki tubuh yang membakar kalori lebih lambat yang tentunya berdampak pada pertambahan berat badan

2. Melewatkan Sarapan

Mungkin terdengar sepele, tapi Anda akan kelaparan sepanjang hari. Akibatnya adalah mengemil tanpa sadar di kantor dan makan siang dalam porsi jumbo. Sarapan itu penting, apalagi yang mengandung protein tinggi dan serat. Dua kandungan tersebut mampu meredam lapar sepanjang hari. Fakta menunjukkan bahwa orang yang rutin sarapan cenderung memiliki berat badan yang stabil.

3. Mengudap Gila-gilaan

Anda mungkin berhasil mengurangi banyak kalori dari makanan utama tiap hari. Tapi sudahkah menghitung berapa kudapan yang berhasil lolos ke perut sepanjang hari. Sebungkus keripik kentang, bahkan sepotong kue bisa menghancurkan pola diet yang mati-matian dijalankan. Kalau mau tahu berapa besar kalori dari kudapan, cobalah bawa notes untuk menghitung berapa banyak setiap hari Anda mengudap

4. Tak Mengudap Sama Sekali

Fakta menunjukkan orang yang makan dengan porsi kecil dan tetap mengudap cenderung mampu mengendalikan lapar dan menjaga berat badan. Mengudap berguna karena menjaga metabolisme dalam kondisi prima. Tapi ingat, kudapan yang bagus adalah kudapan yang kaya protein dan serat, seperti kacang atau buah.

5. Termakan Rayuan Embel-embel Rendah Lemak (Low Fat)

Produk berlabel low-fat memang menggiurkan bagi pelaku diet. Tapi ingat bahwa rendah lemak tak sama dengan rendah kalori. Jika Anda mengunyah sepiring kue dengan label rendah lemak, efeknya justru Anda banyak mengkonsumsi makanan berkalori ketimbang memilih satu irisan kue biasa. Cara terbaik untuk melihat kandungan lemak, gula dan kalori adalah melihat di label gizi.

6. Menyesap Terlalu Banyak Minuman Kalori

Banyak pelaku diet beralih ke minuman berkalori untuk mengganti konsumsi makanan. Padahal, ini kesalahan besar. Soalnya kopi dan minuman beralkohol lainnya paling tidak mengandung 500 kalori. Bahkan, jus buah dan soda pun kalorinya juga tinggi. Sementara minum terlalu banyak pun tak meredakan kelaparan. Anda juga tidak akan makan lebih sedikit setelah mengkonsumsi makanan berkalori tinggi.

7. Minum Terlalu Sedikit Air

Ini adalah kesalahan diet yang paling banyak. Air penting untuk membakar kalori. Jika Anda membiarkan tubuh dehidrasi, maka metabolisme akan melambat yang berarti memperlambat penurunan berat badan. Kajian menyarankan orang dewasa harus minum delapan gelas sehari untuk membakar lebih banyak kalori.

8. Menghindari Susu

Susu, keju, dan es krim sangat tabu bagi sejumlah pelaku diet. Tapi sebenarnya sikap tersebut justru kontraproduktif. Beberapa kajian menunjukkan bahwa tubuh akan membakar lebih banyak lemak jika memiliki kalsium yang cukup dan akan memproduksi banyak lemak jika kalsium menurun. Suplemen kalsium tidak mampu menghasilkan kekuatan serupa dengan sumber alami kalsium, yaitu susu. Jika memang takut lemak susu, maka pilihlah yang non-fat atau rendah lemak.

9. Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji

Meski hanya membeli salad atau makanan yang menyehatkan lainnya, tapi Anda pasti tergiur dengan milkshake atau sedikit kentang goreng. Tapi jika Anda mengizinkan tubuh disentuh makanan cepat saji sekali saja, maka itu akan menjadi kebiasaan. Berdasarkan kajian terlihat bahwa orang yang makan makanan cepat saji lebih dari dua kali sepekan akan bertambah berat badan lebih cepat daripada yang hanya mengkonsumsi kurang dari dua kali.

10. Menimbang Berat Badan Setiap Hari

Menimbang berat badan setiap hari adalah jurus manjur untuk frustasi. Lebih penting untuk melihat perubahan berat badan secara mingguan. Jika target Anda mengurangi hingga 1-2 pounds tiap pekan, maka Anda akan lebih puas jika jarum timbangan bergerak lumayan tiap pekannya. Hasilnya akan lebih memotivasi ketimbang melihatnya tiap hari.

11. Membuat Target yang Tak Realistis

Mentargetkan turun berat badan hingga 20 pounds (9 kg) dalam pekan pertama adalah bunuh diri. Jika Anda memang tak mampu untuk mencapainya, maka diet pun tak akan bertahan lama. Target yang realistis sangat penting dalam keberhasilan diet. Jika Anda tak yakin tentang berapa besar target yang harus dicapai maka bicaralah dengan ahli gizi.

12. Malas Olahraga

Jika Anda tidak olahraga, maka diet Anda akan sia-sia. Pasalnya, olahraga membuat tubuh menjadi lebih aktif. Dampaknya meski Anda makan banyak, tapi banyak pula yang dibakar dan berujung ke penurunan berat badan. Kuncinya adalah menemukan olahraga yang membuat Anda nyaman. Berenang, ballet, bersepeda dan tenis meja, lebih banyak membakar kalori ketimbang berjalan. Luangkan waktu untuk menjalani aneka aktivitas hingga Anda menemukan satu olahraga yang menyenangkan untuk dijalani sepanjang hari.

Sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s