Makanan dan Minuman yang Bisa Mengganggu Tidur


Jakarta, Gangguan tidur dimalam hari seringkali membuat badan lemas dan tidak fit keesokan harinya yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Banyak hal yang menyebabkan gangguan tidur dan beberapa jenis makanan juga dapat menyebabkan gangguan tidur.

Meski begitu setiap orang dapat mempunyai penyebab yang berbeda-beda, maka itu sangat perlu untuk mengetahui penyebab gangguan tidur dan kemudian mencoba menghindarinya.

Tapi tidak ada salahnya juga untuk meninjau ulang jenis makanan dan minuman yang telah dikonsumsi sebelum tidur jika sedang mengalami gangguan tidur

Berikut 5 makanan dan minuman yang dapat menyebabkan gangguan tidur seperti dikutip dari Caring, Kamis (12/1/2012) antara lain:

1. Daging yang diawetkan

Sebaiknya menghindari jenis makanan yang mengandung daging yang diawetkan sebagai kudapan sore. Ham, bacon, sosis dan daging asap mengandung kadar tinggi dari asam amino tiramin.

Asam amino tiramin dapat memicu otak untuk melepaskan norepinefrin. Norepinefrin merupakan stimulan otak yang membuat orang merasa waspada dan terjaga.

2. Cokelat

Menikmati minuman cokelat hangat atau ngemil cokelat dimalam hari memang sangat menggiurkan. Namun, banyak orang yang semakin sensitif terhadap kafein karena bertambahnya usia.

Kadang hanya sepotongan cokelat kecil di atas es krim dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan tidur. Cokelat juga mengandung tyrosine, sebuah asam amino perangsang.

Tyrosine adalah asam amino nonesensial tubuh yang terbuat dari asam amino lain yang disebut fenilalanin. Ini adalah sebuah blok bangunan untuk beberapa bahan kimia otak yang penting disebut neurotransmiter, termasuk epinefrin, norepinefrin, dan dopamin.

Membantu neurotransmitter sel saraf berkomunikasi dan mempengaruhi suasana hati.

3. Minuman energi

Berbagai jenis minuman energi biasanya tinggi kafein serta asam amino taurin. Kafein dan asam amino taurin meningkatkan kewaspadaan dan adrenalin.

Hasil studi baru menunjukkan bahwa, bahkan jika mengonsumsi minuman energi di pagi hari, kombinasikan dosis tinggi taurin dan kafein dapat membuat sulit untuk tidur, atau tidur dengan kualitas yang baik di kemudian hari.

4. Saus tomat, cabai, pizza, dan makanan pedas

Gangguan pencernaan adalah sumber umum dari gangguan tidur, dan banyak orang gagal untuk kembali tidur. Makanan asam dan pedas dapat menyebabkan refluks, mulas, dan gejala pencernaan lain yang mengganggu tidur.

5. Minum alkohol

Minuman alkohol dapat membuat merasa lebih santai setelah makan malam. Tetapi beberapa jam kemudian, dapat mencegah untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Alkohol juga dapat menyebabkan dehidrasi, sehingga dapat membuat orang terbangun ketika tidur karena ingin buang air kecil.

(del/ir)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s