Serangga Terbesar di Dunia Ada di Selandia Baru


ADA lebih dari 70 spesies weta (serangga endemik) di Selandia Baru, namun inilah yang tercatat sebagai yang terbesar.*

WELLINGTON, (PRLM).- Seorang pencinta alam telah mengungkapkan bagaimana dia menghabiskan dua hari untuk melacak keberadaan serangga raksasa di sebuah pulau terpencil di Selandia Baru.

Mark Moffett (53) telah menemukan serangga terbesar di dunia dalam hal berat tubuh yakni 71 gram, lebih berat daripada burung pipit dan tiga kali dari tikus.

Pria mantan penjaga taman nasional ini menemukan weta (serangga endemik Selandia Baru) raksasa di atas pohon yang kini telah dinyatakan sebagai terbesar yang pernah ditemukan.

Dia menemukan makhluk seperti jangkrik, yang memiliki rentang sayap tujuh inci, setelah dua hari pencarian di sebuah pulau kecil. Serangga menyeramkan ini hanya ditemukan di Pulau Penghalang Kecil, di Selandia Baru, meskipun ada 70 jenis weta lain yang lebih kecil ditemukan di seluruh negeri ini.

Setelah Mark menemukan Weta betina itu, dia memberi makan wortel sebelum menaruhnya kembali ke tempat ia ditemukan. “Tiga dari kami berjalan menyusuri jejak pulau kecil ini selama dua malam memindai vegetasi untuk mencari weta raksasa. Kami menghabiskan banyak waktu, sebelum kami melihatnya di atas pohon,” ujar Mark seperti dilaporkan Mail Online, Kamis (1/12).

“Weta raksasa ini adalah serangga terbesar di dunia, dan ini adalah yang terbesar yang pernah ditemukan, dia beratnya setara dengan tiga tikus,” tambahnya. (Aya/A-147)***

 

 

Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/node/167760

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s