Diplomat Iran Diusir dari Inggris


 

Kedutaan Inggris di Iran yang diserang (Foto: AP)

LONDON – Pemerintah Inggris memerintahkan seluruh diplomat Iran keluar dari Inggris dalam waktu 48 jam. Pengusiran ini dilakukan setelah terjadinya serangan yang dilakukan oleh warga Iran terhadap Kedutaan Besar Inggris di Teheran.

Pengusiran diplomat ini akan memperburuk hubungan Inggris dengan Iran yang memanas jauh sebelum insiden penyerangan. Langkah keras Inggris sepertinya akan diikuti oleh empat negara Eropa lainnya, yang akan mengurangi level hubungan diplomatik mereka dengan Iran.
Pihak Inggris menjadikan serangan Selasa kemarin di Teheran sebagai ukuran untuk melakukan pengusiran. Sebelumnya Menteri Luar Negeri Inggris William Hague telah menarik staf diplomatnya dari Iran. Selain itu kompleks Kedubes Inggris di Iran pun juga sudah ditutup.
“Melihat pihak berwenang Iran yang tidak dapat menjaga kedutaan kita hingga membuat penyerangan ini terjadi, jelas tidak dapat diterima,” ucap Hague seperti dikutip Associated Press, Kamis (1/12/2011).
Hague mengatakan bahwa pelaku protes adalah sekelompok mahasiswa Iran yang bersatu dengan pihak organisasi paramiliter Basiji, yang dianggap kepanjangan tangan dari Garda Revolusi Iran.
“Kami melihat kelompok ini dikendalikan oleh elemen rezim Iran,” jelasnya.
Kekacauan akibat protes yang dilakukan mahasiswa Iran itu, membuat semua negara barat yang memiliki perwakilan di Iran mengambil langkah pengamanan.

 

Norwegia menutup kedutaan mereka untuk sementara waktu. Sementara Jerman dan Prancis memanggil duta besar mereka untuk diminta keterangan mengenai situasi yang terjadi.

 

Insiden ini membuahkan kemungkinan sanksi baru yang akan diterapkan kepada Iran. Uni Eropa mengatakan, pihak akan mempertimbangkan sanksi embargo terhadap produk minyak mentah dari Negeri Paramullah tersebut.
Atas kejadian memalukan itu, Pemerintah Iran secara publik menyatakan permintaan maaf mereka atas apa yang telah dilakukan oleh para pengunjuk rasa. Namun hal berbeda justru diutarakan oleh pemimpin tertinggi Iran yang memuji serangan itu.
Mohammad Mohammadian yang merupakan perwakilan dari pemimpin tertinggi Iran Ayatullah Ali Khamenei mengatakan, bahwa Khameni memuji serangan yang telah menargetkan kepada pusat hasutan (Kedubes Inggris).
Sedangkan Ketua Parlemen Iran Ali Larijani menyebutkan serangan tersebut tidak terlepas dari upaya Inggris yang terus mengembangkan sikap ingin selalu menguasai negara lain.
Sumber: okezone.com
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s