Ada Bintang Kejora di Depan Istana


 

JAKARTA, KOMPAS.com — Perayaan 50 tahun kemerdekaan bangsa Papua Barat, Kamis (1/12/2011), diwarnai aksi unjuk rasa oleh pemuda Papua se-Jawa-Bali di depan Istana Negara, Jakarta Pusat. Beberapa peserta aksi melukiskan bendera Bintang Kejora di wajahnya.

Kami juga ingin mengatakan sudah saatnya rakyat Papua merdeka. Negara di dunia harus mendukung dan mengakui Papua sebagai bagian negara di dunia.
— Frans Tomoki

Dengan membawa spanduk berisi tuntutan dan memakai pakaian tradisional Papua, sekitar 100 orang melakukan tarian sebagai ekspresi perjuangan rakyat Papua selama ini. Dalam selebarannya, aksi tersebut menuntut Presiden SBY untuk mengembalikan kedaulatan Bangsa Papua Barat yang pernah diakui Ir Soekarno melalui Trikora 19 Desember 1961 di Yogyakarta.

Frans Tomoki, juru bicara aksi tersebut, mengatakan, aksi tersebut adalah perayaan 50 tahun kemerdekaan bangsa Papua Barat. “Kami juga ingin mengatakan sudah saatnya rakyat Papua merdeka. Negara di dunia harus mendukung dan mengakui Papua sebgai bagian negara di dunia,” ujarnya.

Aksi tersebut tidak menimbulkan kemacetan dan dijaga ketat oleh petugas kepolisian. Hingga Kamis sore, aksi terus berlanjut dengan meneriakkan yel-yel dan orasi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s