7 Strategi Pemasaran untuk Bisnis Kecil


bisnis_stra1111

Bagi segala jenis bisnis, strategi pemasaran memegang peranan penting dalam menunjang kesuksesan. Tentunya, strategi pemasaran bisnis kecil berbeda dengan bisnis yang sudah mapan.

Berikut ini kami paparkan beberapa strategi pemasaran bagi bisnis kecil yang disadur dari CNNMoney:

1. Jangan beriklan seperti bisnis besar

Bisnis besar beriklan untuk mengukuhkan merek dan penjualan di masa depan. Bila bisnis Anda baru saja dimulai dalam skala yang kecil, lebih baik fokuskan iklan untuk mendongkrak penjualan. Caranya, cantumkan alamat lengkap atau nomor kontak yang jelas dalam iklan yang Anda buat, agar konsumen mudah menghubungi Anda.

2. Tawarkan versi hemat

Menghadapi produk baru yang belum dikenal, biasanya konsumen cenderung memilih yang murah harganya. Jadi, usahakan menjual dengan harga yang lebih rendah daripada produk sejenis yang lebih dulu terkenal. Bila kualitas produk Anda lebih baik dari produk pesaing, dengan harga yang lebih murah, konsumen pasti akan beralih ke Anda.

3. Tawarkan versi premium

Selain versi murah meriah, Anda bisa mendiversifikasi produk dengan menawarkan versi premiumnya. Anda bisa menggabungkan beberapa produk atau jasa dalam tawaran satu paket premium spesial, dengan harga yang lebih mahal.

4. Gunakan cara pemasaran kreatif

Selain beriklan di media massa, rajin mengikuti bazar, Anda bisa meningkatkan penjualan dnegan berpromosi secara langsung kepada target market Anda. Contoh, buatlah leaflet dan kirimkan ke calon konsumen sesuai target.

5. Iklan kecil dan online

Kurangi ukuran iklan sehingga Anda dapat memasang iklan lebih banyak dengan biaya yang sama. selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan internet untuk mengiklankan bisnis Anda.

6. Kerjasama dengan pebisnis kecil lainnya

Hubungi beberapa pebisnis kecil yang bukan kompetitor Anda. Tawarkan untuk bekerjasama dalam mempromosikan produk. Dengan demikian, area promosi Anda bisa lebih luas.

7. Manfaatkan konsumen

Konsumen yang loyal akan membantu perkembangan bisnis Anda. Manfaatkan mereka sebagai agen promosi tak resmi. Misalnya, dengan memberikan tawaran-tawaran khusus untuk mereka sebelum diberikan kepada khalayak umum. Pastikan pelanggan Anda setia, karena penguatan testimonial dari mereka jauh lebih efektif ketimbang iklan-iklan Anda di media massa.

 

 

Sumber: http://www.ciputraentrepreneurship.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s