WiFi di Laptop Bisa Rusak Sperma?



Ilustrasi (ist)

New York – Sebuah studi menyimpulkan kualitas sperma mungkin menurun di dekat laptop yang tengah terkoneksi WiFi. Studi tersebut dilakukan oleh para peneliti di Argentina yang dimuat dalam jurnal medis Fertility and Sterility.

Para periset mengambil sampel sperma dari 29 orang dewasa sehat. Kemudian meletakannya di bawah laptop yang terkoneksi dengan WiFi serta sedang men-download konten.

Hasilnya seperti detikINET kutip dari Reuters, Selasa (29/11/2011), sperma jadi sekarat. Seperempat sprema tak mampu lagi berenang, padahal sampel yang diletakkan di tempat yang jauh dari jangkauan laptop dengan temperatur yang sama, 86% masih bisa melakukannya.

Kemudian 9% sperma yang diletakkan di dekat laptop menunjukkan kerusakan DNA. Jumlah ini tiga kali lipat dibandingkan sperma yang diletakkan di tempat lain. Para peneliti menyimpulkan kemungkinan radiasi elektromagnetik dalam komunikasi nirkabel bisa merusak sperma.

“Data kami memberi kesan pemakaian laptop yang terkoneksi di internet dan diposisikan di dekat organ reproduksi pria mungkin menurunkan kualitas sperma,” tulis laporan periset itu. Namun semuanya masih berupa kemungkinan yang belum jelas.

Dr Robert Oates selaku presiden Society for Male Reproduction and Urology pun tidak yakin dengan hasil riset itu dan menyatakan orang tidak perlu panik. Menurutnya banyak faktor yang menurunkan kualitas sperma dan lagipula, sangat sedikit waktu yang dihabiskan orang menggunakan laptop di pangkuan.

Menurut Oates, untuk menjaga kualitas sperma, gaya hidup sehat diperlukan. Misalnya dengan makan makanan sehat, berolahraga dan tidak merokok.

Sumber: detikiNet

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s