4 Kawasan Jakarta Diprediksi Direndam Banjir


 

 

VIVAnews – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan curah hujan di Jakarta akan lebih tinggi dalam satu pekan ini. Intensitas hujan bahkan diprediksi dapat menyebabkan banjir.

Empat kawasan yang diproyeksikan berpotensi tergenang banjir adalah Kalideres, Cengkareng, Kembangan dan Penjaringan. Kawasan ini bisa terkena banjir level sedang dan rendah.

Kepala Bidang Informasi BMKG, Hari Tirto, mengatakan, pemberitahuan mengenai daerah-daerah rawan banjir di Jakarta dan potensi curah hujan yang akan terjadi, sudah dikeluarkan.

“Jakarta masih tetap aman dari banjir besar. Karena curah hujan tidak terlalu tinggi,” kata Hari Tirto kepada VIVAnews.com.

BMKG telah menganalisa curah hujan yang akan terjadi di Jakarta hari ini. Potensi hujan ringan terjadi di sebagian wilayah Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Sedangkan potensi hujan level sedang akan mengguyur sebagian Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan sebagian Jakarta Utara.

Daerah yang berpotensi rawan banjir level rendah adalah sebagian kecil Kalideres, Cengkareng, Kembangan dan Penjaringan. Daerah rawan banjir kelas sedang akan terjadi di Kalideres, sebagian kecil Penjaringan, Cengkareng dan Kembangan.

Curah hujan tinggi yang terjadi selama sepekan dipengaruhi suhu permukaan laut panas di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera Barat, Samudera Pasifik sebelah utara Papua, Laut Banda, Laut Aru bagian barat, Laut Timor, Samudera Indonesia sebelah selatan Nusa Tenggara Timur berkisar antara 30–31 derajat.

Pola tekanan rendah diperkirakan terjadi pada akhir periode di Samudera Indonesia sebelah barat Lampung, awan–awan konvektif masih berpeluang terjadi di wilayah Indonesia. Akibatnya, masih ada potensi turunnya hujan lebat disertai kilat, petir, dan angin kencang berdurasi singkat.

Hujan dengan intensitas lebat berpotensi turun di Aceh, Sumatera Utara, Riau, Riau Kepulauan, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, Kalimantan Barat bagian utara dan timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Palu, Luwuk, Sulawesi Barat bagian barat, Maluku Utara, Papua Timur bagian tengah, Banten, Jakarta, Jawa Barat dan sebagian pantura Jawa Tengah .

Kondisi cuaca di Jakarta pada 28-30 November 2011, Ibukota berpotensi disiram hujan ringan hingga sedang pada sore hingga malam hari. Sedangkan di Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Depok berpotensi turun hujan ringan hingga sedang pada sore hingga malam hari. (kd)

 

Source : via www.vivanews.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s