Kelebihan Vitamin D Ganggu Irama Jantung


SHUTTERSTOCKIlustrasi. TERKAIT: Cukup Vitamin D Akan Memperpanjang UmurSusu Sumber Vitamin D TerbaikVitamin D Bisa Pengaruhi MoodPerempuan Jangan Sampai Kurang Vitamin D9 Sumber Vitamin D

KOMPAS.com – Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa tingkat gizi yang rendah erat kaitannya dengan kerusakan jantung. Namun sebuah riset terbaru menunjukkan, kelebihan nutrisi justru dapat memicu timbulnya atrial fibrilasi atau gangguan irama denyut jantung.

Penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Heart Association ini melibatkan132.000 pasien yang berada di pusat kota medis, Utah. Dalam temuannya, peneliti menemukan bahwa risiko fibrilasi atrium baru terjadi dan melonjak hampir tiga kali lipat bila kadar vitamin D tinggi.

Masyarakat secara umum memeroleh asupan vitamin D sehari-hari dari sinar matahari. Tetapi, bagi kebanyakan warga yang tinggal daerah dingin di mana tak cukup mendapat sinar matahari – mereka cenderung mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan kesehatan tulang dan jantung, kata pemimpin studi, Dr Jared Bunch, Direktur Penelitian Elektrofisiologi pada Intermountain Medical Center di Murray, Utah.

Bunch menganjurkan, setiap orang yang melakukan suplementasi vitamin D perlu diambil sampel darahnya untuk kemudian diperiksa apakah penggunaannya masih dalam batas yang wajar atau tidak. Menurut Bunch, banyak orang yang menganggap suplemen aman untuk dikonsumsi, sehingga kurang menyadari ancaman yang mungkin saja bisa terjadi.

“Orang-orang memandang cara ini sebagai terapi alami untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. ami melihat masih banyak pasien yang mengonsumsi suplemen dan vitamin dalam jumlah besar,” kata Bunch.

Ia menambahkan, kisaran normal untuk asupan vitamin D sekitar 41-80 nanogram per desiliter (ng/dl). Sedangkan relawan yang terlibat dalam penelitian ini diketahui memiliki jumlah vitamin D yang berlebihan (di atas 100 ng/dl). Asupan harian yang direkomendasikan vitamin D untuk setiap orang mulai dari usia 1-70 tahun adalah 600 unit IU.

Bunch menyarankan, bagi orang yang baru didiagnosis dengan atrial fibrilasi dan juga menggunakan suplemen vitamin D agar lebih berhati-hati dan membicarakan hal ini kepada dokter mereka.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s