Duhh…SAUDI ARABIA BERGOLAK!


Awamiya – KabarNet: Gelombang unjuk rasa anti pemerintah yang melanda negara-negara Arab belakangan ini imbasnya mulai melanda Saudi Arabia. Setelah Tunisia, Aljazair, Mesir, Libya dan Yaman, kini arus ketidak-puasan rakyat itu menular ke negeri gurun kaya minyak yang dikuasai rezim kerajaan bermadzhab Wahabi itu. Unjuk rasa anti keluarga kerajaan Saudi terus menerus terjadi. Aksi protes ini bahkan semakin meluas hingga mencapai empat kota dan beberapa desa di wilayah bagian timur kerajaan tersebut. Sejak Kamis (24/11) yang lalu, puluhan ribu warga telah membanjiri jalan-jalan utama di keempat kota tersebut, demikian rilis Press TV, Minggu (27/11/2011).

Diberitakan juga bahwa pada hari Jumat (25/11/2011), puluhan ribu warga di provinsi wilayah timur Saudi Arabia turun ke jalan dan meneriakkan yel-yel anti keluarga Raja Abdullah bin Abdulaziz Al-Saud. Para demonstran yang marah itu juga menuntut dilakukannya eksekusi hukuman mati terhadap oknum tentara yang telah melepaskan tembakan dan menewaskan beberapa pengunjuk rasa di wilayah timur Saudi Arabia.

Ketika diwawancarai, beberapa orang demonstran mengatakan bahwa demonstrasi besar-besaran juga terjadi di beberapa kota, termasuk Al-Qatif dan Awamiya. Mereka meluapkan kemarahan pada keluarga dinasti Al-Saud yang sedang berkuasa di Saudi.

Diberitakan bahwa pasukan keamanan Saudi beberapa hari terakhir ini telah melakukan tindakan represif dengan menyerang para demonstran, dan telah menewaskan sedikitnya lima orang. Para pengunjuk rasa tersebut menuntut kebebasan dan kesetaraan sosial di negara kaya minyak itu. Perlu di ketahui bahwa dalam sistem monarki di Saudi yang sangat konservatif, segala macam bentuk demonstrasi, protes dan pertemuan politik merupakan aktivitas yang dilarang oleh hukum yang berlaku.

Dikhawatirkan bahwa gelombang demontrasi besar-besaran tersebut akan menjalar ke daerah-daerah lain, terutama ke wilayah Hijaz di bagian barat.

Hijaz, wilayah dimana terdapat kota-kota terpenting seperti: Jeddah, Mekkah, Madina, Taif, dan lain lain, merupakan barometer kestabilan politik di Saudi Arabia. Sementara ini gelombang unjuk rasa anti kerajaan tersebut masih melanda wilayah timur. Apabila gelombang protes ini menular dan melanda pula wilayah bagian barat, maka bukan tidak mungkin akan berakhir ke tumbangnya sistim kerajaan yang sudah berurat berakar di negeri gurun petro dollar itu. [KbrNet/adl]

 

Sumber: KabarNet

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s