8 Makanan yang Bikin Rambut Sehat

8 Makanan yang Bikin Rambut Sehat


8 Makanan yang Bikin Rambut Sehat – Shampo setiap beberapa hari sekali, tidak lupa menggunakan conditioner sepertinya sudah merupakan langkah dasar untuk perawatan rambut. Namun, belum banyak yang tahu, untuk memaksimalkan kecantikan rambut, asupan sehari-hari pun penting untuk dijaga.

Rambut kita tumbuh sekitar 1/4 – 1/2 inci setiap bulannya. Dasar pertumbuhan rambut, kulit, dan kuku kita adalah dari nutrisi yang kita asup setiap harinya. Jika Anda mengkonsumsi makanan yang sehat, Anda akan menumbuhkan sel tubuh yang lebih kuat dan sehat di sekujur tubuh Anda, baik bagian dalam maupun luar.

Berikut adalah 8 jenis makanan yang bisa Anda andalkan untuk rambut yang lebih sehat.

1. Salmon.
Ketika membicarakan makanan yang kaya akan kandungan yang baik untuk kecantikan, sulit untuk mengelak dari salmon. Ikan yang kaya akan asam lemak esensial omega-3 ini juga kaya akan protein, dan penuh vitamin B-12, serta zat besi. Asam lemak esensial omega-3 dibutuhkan agar kulit kepala tetap sehat. Kekurangan zat ini bisa membuat kulit kepala kering, dan membuat rambut terlihat kusam.

2. Sayuran berdaun hijau pekat.
Bayam dan brokoli kaya akan vitamin A dan C, yang dibutuhkan tubuh Anda untuk memproduksi sebum. Sebum, yakni zat minyak yang dikeluarkan oleh folikel rambut merupakan kondisioner alami yang diproduksi oleh tubuh. Tumbuhan berdaun hijau pekat juga menyediakan zat besi dan kalsium yang dibutuhkan tubuh.

3. Kacang-kacangan.
Kacang-kacangan, seperti polong dan sejenisnya memiliki protein yang baik untuk pertumbuhan rambut, juga kaya akan zat besi, zinc, dan biotin. Meski jarang terjadi, namun kekurangan biotin bisa menyebabkan rambut rapuh.

4. Makanan dari daging unggas.
Unggas, seperti ayam dan kalkun sangat kaya protein yang baik untuk rambut. Tanpa protein yang cukup, rambut akan mudah rapuh, bahkan kekurangan protein yang amat sangat bisa menyebabkan rambut kehilangan warna alaminya.

5. Telur.
Tak masalah dimasak dengan metode apa, baik itu orak-arik, digoreng, atau setengah matang, telur menyediakan kandungan protein yang amat baik. Telur juga kaya biotin dan vitamin B-12, yang merupakan nutrisi penting untuk kecantikan.

6. Tiram.
Tiram dikenal sebagai makanan afrodisiak, namun sebenarnya tiram juga kaya dan baik untuk kesehatan rambut. Kunci yang ada di dalam tiram adalah kandungan zinc, zat antioksidan yang amat kuat. Selain dari tiram, Anda juga bisa mendapatkan hasil yang sama dari daging sapi dan domba.

7. Produk susu rendah lemak.
Susu rendah lemak dan yogurt merupakan sumber yang baik untuk kalsium, dan mineral penting untuk pertumbuhan rambut. Produk susu juga mengandung kasein dan whey yang merupakan sumber protein berkualitas tinggi.

8. Wortel.
Sayuran yang satu ini sangat kaya akan vitamin A, yang dibutuhkan tubuh untuk kebaikan indera penglihatan, serta kesehatan kulit kepala. Kulit kepala yang sehat dibutuhkan untuk rambut yang sehat dan berkilau. Jadi, jangan lupa masukkan sayuran yang satu ini di menu makanan Anda sehari-hari.

Sumber: http://female.kompas.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s